Segala sesuatu tentang elektronik

Cara Menggunakan Solder Uap Untuk Pemula

Solder memiliki beberapa varian, salah satunya yaitu solder uap. Disebut sebagai solder uap karena dalam pemakaiannya solder ini menggunakan hawa. Dalam penggunaan solder ada dua pengaturan yang bisa anda pilih yaitu pengaturan kemampuan panas dan pengaturan tekanan. Apakah anda merupakan salah satu orang yang ingin mengetahui cara penggunaan solder uap? Jika benar simak ulasannya berikut ini.
Fungsi Solder Uap
Sebelum mengetahui cara menggunakan solder uap dengan benar, terlebih dahulu perlu kita ketahui fungsi dari solder uap itu sendiri. Adapun fungsinya sebagai mengangkat, mencetak dan menempatkan komponen baik timah Atau lainnya. Agar solder uap bisa bekerja dengan baik, dibutuhkan ketelitian saat pemakaian serta kecermatan dan kesabaran. Keunggulan solder uap jika dibandingkan dengan solder biasa yaitu bisa dengan mudah digunakan untuk memasang dan melepas komponen elektronik jenis SMD.
Cara Memakai Solder Uap
Sebenarnya penggunaan solder uap ini sangatlah mudah dan simple. Bisa dibilang penggunaan solder uap ini hampir sama dengan solder biasa. Namun solder uap memiliki kelebihan dibandingkan solder biasa. Kelebihannya terletak pada kemampuannya yang bisa melelehkan timah dengan hawa yang dikeluarkannya. Karena solder uap ini memiliki suhu panas yang sangat tinggi.
Adapun berikut ini langkah-langkah menggunakan solder uap yang benar:
• Langkah pertama yaitu colokan kabel solo listrik selanjutnya tekan tombol power agar folder hidup.
• Langkah selanjutnya yaitu lakukan pengaturan pada solder tersebut. Terdapat 2 pengaturan yaitu pengaturan tekanan udara dan pengaturan panas.
• Atur panas pada solder hingga mendapatkan suhu yang pas. Suhu yang cocok yaiti 200 derajat celcius. Namun suhu tersebut tidak bisa menghasilkan jika tekanan bawa yang dikeluarkan berada di posisi 0.
• Jika Anda menggunakan solder uap jenis digital, alangkah baiknya jika Anda mengatur suhunya dengan cara menekap tombol up serta down. Berbeda dengan solder uap yang manual, cara mengatur tekanan udaranya hanya perlu diputar
Itulah ulasan mengenai cara menggunakan solder uap bagi pemula. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakan solder uap, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa sharing-sharing bersama kami. Semoga ulasan ini bermanfaat.


Add Your Comment

* Indicates Required Field

Your email address will not be published.

*