Segala sesuatu tentang elektronik

Atasi Berbagai Gejala Kerusakan HP Dengan Fungsi Power Supply HP

HP tiba-tiba mati dan tidak berfungsi seringkali membuat kita jengkel apalagi jika ponsel merupakan alat komunikasi penting dalam mendukung operasional kerja. Kita perlu tahu apa penyebab kerusakan ponsel sesuai dengan gejala penyebabnya.

Pada topik kali ini, kita berbagi tips mengatasi berbagai gejala kerusakan HP dengan power supply HP dengan beberapa gejala, penyebab dan tindakan sebagai berikut.

1. HP Mengalami Mati Total Akibat Jatuh

Pertama-tama kita harus memeriksa komponen-komponen yang ada di dalam ponsel sehingga ponsel perlu dibongkar lagi. Setelah itu, mengembalikan posisi komponen yang tergeser akibat terjatuh tadi.  Setelah komponen dipasang seperti semula, kita bisa menganalisa kerusakan pada software dan hardware dengan penggunaan power supply. Kemungkinan IC Power anda yang mengalami kerusakan.

Penanganannya hampir sama disaat HP anda terkena air. Sebelum HP dicek dengan menggunakan power supply, HP terlebih dahulu divakum, dipanasi dan diblower dahulu. Jika penyebabnya terkena air, biasanya aksesoris HP rusak terlebih dahulu.

2. HP Mati Akibat Kerusakan IC UI

Kita bisa hubungkan power supply HP pada ponsel dengan tegangan sebesar 3,6 Volt. Bisa juga dengan menyesuaikan tegangan HP sebesar 0,5 Volt. Kita akan melihat jarum Amphere naik mencapai 100 mA disaat kondisi HP dalam keadaan mati. Apabila ponsel menyala, VIBRA akan bergetar dan LED menyala. Salah satu tindakan paling tepat yaitu lepaskan IC UI dan pasanglah IC UI yang baru pada ponsel.

3. HP Mati Total Akibat Kerusakan IC CPU

Cara mendeteksinya hampir sama dengan gejala yang diakibatkan dengan IC UI akan tetapi cara penanganannya yang berbeda. Jika IC CPU pada ponsel kita rusak maka kita perlu memanasi dengan blower jika kondisi IC CPU masih baik-baik saja. Namun jika IC CPU pada ponsel rusak,kita perlu mengganti IC CPU tersebut dengan yang baru.

4. HP Mati Total Ketika Sedang Melakukan Panggilan

Lakukan pengecekan dengan power supply dengan pemasangan pada umumnya. Nyalakan ponsel dan lakukan panggilan telepon. Jika jarum diatas 400 mA berarti ponsel anda bermasalah. Gantilah IC PA dengan yang baru dan cek kembali jarum ampere.

Jika HP anda rusak jangan terburu-buru membawa ke teknisi, anda bisa memeriksanya dahulu dengan fungsi power supply HP.


Add Your Comment

* Indicates Required Field

Your email address will not be published.

*